Jumat, 02 Mei 2008

"Tips Agar Betah di Kantor"

Sekarang ini sering kali kita dengar betapa sering eksekutif-eksekutif muda dijuluki si kutu loncat karena seringnya berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Kita harus beradaptasi dengan perusahaan yang baru, rekan yang baru, dan tentunya bos baru. Kita juga harus mempelajari lagi banyak hal baru. Bukankah durasi kerja yang pendek terlihat kurang bagus di CV? Berikut ini tips yang dapat membuat kita terus berkembang dan makin kerasan di kantor:
1. Fokus Pada Pekerjaan
Fokuslah pada tugas selama bekerja, jangan hanya untuk mengisi waktu atau mencari teman. Atasan akan langsung melihat motivasi Anda. Anda bukannya meringankan tugas atasan akan tetapi lebih menambah pekerjaan, karena harus terus "menjaga" Anda. Anda akan tidak kerasan dan akan semakin merasa tertekan. Jika ada waktu luang isilah dengan hal-hal yang konstruktif misalkan merapikan file atau data-data. Ambillah inisiatif sendiri. Atasan akan menghargainya karena Anda selalu bekerja untuk membantunya.


2. Hindari Rutinitas
Carilah terus cara lain yang lebih kreatif dan efisien dalam mengerjakan suatu hal, dengan sendirinya kinerja Anda akan dapat terus meningkat dan tidak akan cepat merasa bosan. Biasakan diri untuk terus mengikuti perkembangan teknologi yang akan membuat Anda terus bersemangat. Ciptakan pula lingkungan kerja yang bersih dan rapi tetapi juga nyaman. Satu pot kecil tanaman atau bunga di ujung meja akan memberikan suasana kerja yang lebih nyaman dan segar. Tanaman juga baik untuk dipandang bila kita terus bekerja di depan monitor.


3. Cari Terus Tantangan Baru
Dalam bekerja tentunya kita ingin terus berkembang. Perasaan tidak dapat berkembang di suatu perusahaan merupakan alasan yang paling sering diutarakan bila mencari pekerjaan yang baru. Evaluasi diri Anda. Maukah Anda sewaktu atasan memberikan pekerjaan yang di luar tanggung jawab Anda yang sekarang sehingga Anda harus bekerja hingga larut malam? Menggerutukah Anda sewaktu diminta mengorganize acara kantor yang tentunya bukan tugas Anda? Anda salah besar bila menolak ini semua, karena atasan Anda sedang mempertimbangkan Anda untuk suatu tanggung jawab yang lebih besar. Bilamana atasan tidak pernah diberi kesempatan tetapi Anda merasa mampu, tawarkanlah diri dan buktikanlah.


4. Jangan Lari Dari Konflik
Konflik di kantor sering kali terjadi, baik itu dengan atasan, rekan sekerja, maupun bawahan. Janganlah lari dari suatu perusahaan karena ingin menghindari konflik, karena di tempat lain pun mungkin akan mengalami hal yang sama. Konflik sebaiknya dihadapi, dibicarakan bersama, dan diselesaikan secara kekeluargaan. Gunakan interpersonal, negotiation, dan leadership skills Anda.


5. Kembangkan terus diri Anda
Bila perusahaan menyediakan berbagai pelatihan, gunakanlah secara maksimum. Gunakanlah waktu dengan terus belajar. Dalami terus bidang Anda dan ikuti terus perkembangannya. Dengan wawasan yang bertambah, dengan sendirinya kesempatan akan terus terbuka, dan Anda akan merasa semakin kerasan di sana.


Mau pindah juga.....?

1. Situasi orang lain selalu terasa lebih baik
2. Pastikan informasi yang Anda dengar adalah informasi yang akurat
3. Pastikan culture perusahaan sesuai dengan kepribadian anda
4. Pastikan Anda memiliki alasan positif untuk pindah
5. Pastikan pekerjaan yang baru memberi nilai tambah pada Anda
6. Bila pindah, pastikan Anda meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang lama.

Tidak ada komentar: