Jumat, 02 Mei 2008

Kiat Sukses Di Kantor

Anda termasukyang mengejar karir di kantor ? Sah-sah saja! Asal jangan terlalu ngoyo dan mengunakan cara-cara negative. Mengejar karir bisa jadi motifasi dalam bekerja. Untuk menjadi karyawan sukses dan mempunyai karir yang bagus di kantor, Anda memang dituntut untuk cerdas dan pintar. Tapi jangan salah, selain cerdas dan pintar, ada beberapa hal yang dapat menunjang kesuksesan Anda di kantor. Kesuksesan sendiri tidak datang begitu saja tanpa adanya usaha kerja keras dan tentunya strategi-startegi yang tepat. Jika ingin meraih sukses seperti mereka, ada baiknya Anda menyusun beberapa strategi-strategi berikut ini :

1. Pelajari peraturan jam kerja Anda. Jika Anda ingin mencapai kesuksesan dalam karir buatlah diri Anda disiplin waktu. Datanglah ke kantor tepat waktu, kalau bisa dating minimal 15 menit sebelumnya. Beri waktu kepada diri Anda untuk rileks sejenak sebelum memulai pekerjaan kantor.

2. Biasakan banyak bertanya Orang yang malu akan sesat di jalan. Pepatah tersebut memang benar makin banyak Anda bertanya makin banyak pula ilmu yang Anda dapat. Jangan pernah sungkan untuk bertanya sesuatu yang Anda tidak ketahui kepada orang yang lebih mengerti.

3. Bergaul supaya tidak terkucil Pergaulan yang luas akan membuat Anda banyak memiliki rekan kerja. Tidak usah malu untuk bergaul dengan semua rekan kerja Anda, mulai dari bawahan maupun atasan Anda. Hal ini pun dapat membantu Anda jika Anda memiliki masalah mengenai pekerjaan.

4. Hindari politik kantor, apalagi bergosip. Untuk yang satu ini lebih cocok ditujukan bagi yang memang suka bergosip. Hati-hati gosip pun bisa membawa Anda dalam bahaya. Usahakan Anda tidak memihak kubu manapun jika ada yang bersitegang

5. Bersikap ramah Selalu tersenyum dan ramah terhadap semua rekan kerja Anda baik bawahan maupun atasan Anda. Tetapi hindari juga jangan sampai Anda terlalu SKSD (sok kenal sok dekat).

6. Selalu tampil percaya diri dengan segala suasana Yakinkan pada diri Anda kalau Anda bisa melakukan segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor.

7. Selalu bertanya kepada diri sendiri apa yang bisa saya lakukan lebih hari ini Dengan adanya pertanyaan ini, memacu Anda untuk lebih berkreatifitas lagi. Anda pun menjadi lebih unggul dibandingkan dengan teman-teman Anda di kantor.

8. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan Tuntaskanlah pekerjaan yang memang seharusnya diselesaikan. Buang jauh pikiran diselesaikan 'besok sajalah'. Menunda pekerjaan berarti membuat pekerjaan Anda semakin banyak. Bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan, mulailah untuk merubah kebiasan buruk di kantor. Selamat mencoba!
"Tips Agar Betah di Kantor"

Sekarang ini sering kali kita dengar betapa sering eksekutif-eksekutif muda dijuluki si kutu loncat karena seringnya berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Kita harus beradaptasi dengan perusahaan yang baru, rekan yang baru, dan tentunya bos baru. Kita juga harus mempelajari lagi banyak hal baru. Bukankah durasi kerja yang pendek terlihat kurang bagus di CV? Berikut ini tips yang dapat membuat kita terus berkembang dan makin kerasan di kantor:
1. Fokus Pada Pekerjaan
Fokuslah pada tugas selama bekerja, jangan hanya untuk mengisi waktu atau mencari teman. Atasan akan langsung melihat motivasi Anda. Anda bukannya meringankan tugas atasan akan tetapi lebih menambah pekerjaan, karena harus terus "menjaga" Anda. Anda akan tidak kerasan dan akan semakin merasa tertekan. Jika ada waktu luang isilah dengan hal-hal yang konstruktif misalkan merapikan file atau data-data. Ambillah inisiatif sendiri. Atasan akan menghargainya karena Anda selalu bekerja untuk membantunya.


2. Hindari Rutinitas
Carilah terus cara lain yang lebih kreatif dan efisien dalam mengerjakan suatu hal, dengan sendirinya kinerja Anda akan dapat terus meningkat dan tidak akan cepat merasa bosan. Biasakan diri untuk terus mengikuti perkembangan teknologi yang akan membuat Anda terus bersemangat. Ciptakan pula lingkungan kerja yang bersih dan rapi tetapi juga nyaman. Satu pot kecil tanaman atau bunga di ujung meja akan memberikan suasana kerja yang lebih nyaman dan segar. Tanaman juga baik untuk dipandang bila kita terus bekerja di depan monitor.


3. Cari Terus Tantangan Baru
Dalam bekerja tentunya kita ingin terus berkembang. Perasaan tidak dapat berkembang di suatu perusahaan merupakan alasan yang paling sering diutarakan bila mencari pekerjaan yang baru. Evaluasi diri Anda. Maukah Anda sewaktu atasan memberikan pekerjaan yang di luar tanggung jawab Anda yang sekarang sehingga Anda harus bekerja hingga larut malam? Menggerutukah Anda sewaktu diminta mengorganize acara kantor yang tentunya bukan tugas Anda? Anda salah besar bila menolak ini semua, karena atasan Anda sedang mempertimbangkan Anda untuk suatu tanggung jawab yang lebih besar. Bilamana atasan tidak pernah diberi kesempatan tetapi Anda merasa mampu, tawarkanlah diri dan buktikanlah.


4. Jangan Lari Dari Konflik
Konflik di kantor sering kali terjadi, baik itu dengan atasan, rekan sekerja, maupun bawahan. Janganlah lari dari suatu perusahaan karena ingin menghindari konflik, karena di tempat lain pun mungkin akan mengalami hal yang sama. Konflik sebaiknya dihadapi, dibicarakan bersama, dan diselesaikan secara kekeluargaan. Gunakan interpersonal, negotiation, dan leadership skills Anda.


5. Kembangkan terus diri Anda
Bila perusahaan menyediakan berbagai pelatihan, gunakanlah secara maksimum. Gunakanlah waktu dengan terus belajar. Dalami terus bidang Anda dan ikuti terus perkembangannya. Dengan wawasan yang bertambah, dengan sendirinya kesempatan akan terus terbuka, dan Anda akan merasa semakin kerasan di sana.


Mau pindah juga.....?

1. Situasi orang lain selalu terasa lebih baik
2. Pastikan informasi yang Anda dengar adalah informasi yang akurat
3. Pastikan culture perusahaan sesuai dengan kepribadian anda
4. Pastikan Anda memiliki alasan positif untuk pindah
5. Pastikan pekerjaan yang baru memberi nilai tambah pada Anda
6. Bila pindah, pastikan Anda meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang lama.